Abstract:
SAFITRI NURUL
. 12001162 . Pengaruh Motivasi Belajar terhadap
Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi
Pekerti di SMPN 2 Galing : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ( FTIK),
Program Studi Pendidikan Agama Islam ( Institu t Agama Islam Negeri
(IAIN) 2024
Tujuan dalam penelitian ini yang hendak dicapai antara lain ialah: 1)
Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik pada pelajaran PAI dan Budi
Pekerti di SMPN 2 Galing. 2) u ntuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik
pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Galing. 3) untuk mengetahui
hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2
Galing. 4) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhad ap aktivitas dan
hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2
Galing.
Penelitian ini merupakan
jenis penelitian kuantitatif dengan metode
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 peserta didik kelas VIII A
dan B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan
angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu regresi linier
sederhana. Uji prasyarat analisis data yaitu d en gan uji validitas, uji re liab ilitas,
dan uji no r malitas.
Berda
sarkan hasil analisis data, maka peneliti mengambil kesimpulan
untuk hasil penelitian ini diantaranya sebagai berikut: 1) motivasi belajar
termasuk dalam kategori sangat baik, Hal ini dibuktikan dengan p er sentase
jawaban peserta didik sebesar 52,5% atau se banyak 21 peserta didik dari 40
responden. 2) aktivitas belajar termasuk dalam kategori baik, Hal ini dibuktikan
dengan p er sentase dari aktivitas belajar peserta didik sebesar 97,5% atau sebanyak
39 peserta didik dari 40 responden. 3) hasil belajar termasu k dalam kategori baik,
Hal ini dibuktikan dengan p er sentase hasil belajar peserta didik sebesar 87,5%
atau seba n yak 35 peserta didik dari 40 responden. 4) pengaruh motivasi belajar
terhadap aktivitas dan hasil belajar termasuk dalam kategori tinggi, untuk
motivasi belajar terhadap aktivitas belajar peserta didik diperoleh F hitung
335,342 dengan tingkat signifika n si sebesar 0,000 < 0,05, dan tingkat p er sentase
sebesar 89,9%. Untuk motivasi belajar terhadap hasil belajar diperoleh F hitung
601,979 dengan tin gkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan tingkat p er sentase
sebesar 94,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh
tinggi terhadap hasil belajar. Jadi, Ha adalah motivasi belajar berpengaruh
terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan
Budi Pekerti di SMPN 2 Galing.