PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 2 GALING

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.author SAFITRI, NURUL
dc.date.accessioned 2024-08-15T02:22:46Z
dc.date.available 2024-08-15T02:22:46Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4983
dc.description.abstract SAFITRI NURUL . 12001162 . Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Galing : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ( FTIK), Program Studi Pendidikan Agama Islam ( Institu t Agama Islam Negeri (IAIN) 2024 Tujuan dalam penelitian ini yang hendak dicapai antara lain ialah: 1) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Galing. 2) u ntuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Galing. 3) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Galing. 4) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhad ap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Galing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 peserta didik kelas VIII A dan B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu regresi linier sederhana. Uji prasyarat analisis data yaitu d en gan uji validitas, uji re liab ilitas, dan uji no r malitas. Berda sarkan hasil analisis data, maka peneliti mengambil kesimpulan untuk hasil penelitian ini diantaranya sebagai berikut: 1) motivasi belajar termasuk dalam kategori sangat baik, Hal ini dibuktikan dengan p er sentase jawaban peserta didik sebesar 52,5% atau se banyak 21 peserta didik dari 40 responden. 2) aktivitas belajar termasuk dalam kategori baik, Hal ini dibuktikan dengan p er sentase dari aktivitas belajar peserta didik sebesar 97,5% atau sebanyak 39 peserta didik dari 40 responden. 3) hasil belajar termasu k dalam kategori baik, Hal ini dibuktikan dengan p er sentase hasil belajar peserta didik sebesar 87,5% atau seba n yak 35 peserta didik dari 40 responden. 4) pengaruh motivasi belajar terhadap aktivitas dan hasil belajar termasuk dalam kategori tinggi, untuk motivasi belajar terhadap aktivitas belajar peserta didik diperoleh F hitung 335,342 dengan tingkat signifika n si sebesar 0,000 < 0,05, dan tingkat p er sentase sebesar 89,9%. Untuk motivasi belajar terhadap hasil belajar diperoleh F hitung 601,979 dengan tin gkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan tingkat p er sentase sebesar 94,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar. Jadi, Ha adalah motivasi belajar berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Galing. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 2 GALING en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account