Abstract:
Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui Bagaimana: 1).Pengaruh
Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Time Token dan
Media Powerpoint pada Hasil Belajar Tema 2 Materi IPS Siswa Kelas V; 2).
Pengaruh Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Time
Token dan Media Powerpoint pada Motivasi Belajar Siswa Kelas V; 3).
Pengaruh Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Time
Token dan Media Powerpoint pada Hasil Belajar Tema 2 Materi IPS Melalui
Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas V.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan
penelitian sensus. Lokasi penelitian ini bertempat di SDI Semesta Khatulistiwa
Pontianak Kota. Pengambilan sampel dengan menggunakan sumber data
populasi 30 siswa yaitu pada siswa kelas V SDI Semesta Khatulistiwa. Teknik
pengumpulan data menggunakan komunikasi tidak langsung dan studi dokumen.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas isi, converegent validity,
discriminat validity, composite reability, cronbach’s alpha, uji kebaikan model
(Goodnes Of Fit), uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1). Terdapat pengaruh
positif signifikan persepsi siswa tentang penggunaan model pembelajaran Time
Token dan media Powerpoint pada hasil belajar IPS siswa kelas V. Hasil tersebut
menunjukan nilai koefisien jalur sebesar 0,556 dengan nilai T-Statistik sebesar
2,741. Nilai tersebut ≥ dari nilai t tabel (1,96) dan nilai P-Values sebesar 0,006
nilai tersebut ≤ 0,05; 2). Terdapat pengaruh positif siginifikan persepsi siswa
tentang penggunaan model pembelajaran Time Token dan media Powerpoint
pada motivasi belajar siswa kelas V. Hasil tersebut menunjukan nilai koefisien
jalur sebesar 0,619 menunjukan bahwa memiliki pengaruh yang positif dengan
nilai T-Statistik sebesar 6,830. Nilai tersebut ≥ nilai t tabel (1,96) dan nilai P-
Values sebesar 0,000 nilai tersebut ≤ 0,05; 3). Terdapat pengaruh tidak
signifikan persepsi siswa tentang penggunaan model pembelajaran Time Token
dan media Powerpoint pada hasil belajar IPS melalui variabel intervening
motivasi belajar siswa kelas V tetapi memiliki hubungan yang tidak signifikan
antara hasil belajar IPS siswa melalui variabel intervening motivasi belajar siswa
kelas V SDI Semesta Khatulistiwa. Hasil tersebut menunjukan nilai koefisien
jalur sebesar -0,023 dengan nilai T-Statistik sebesar 0,142. Nilai tersebut ≤ nilai
t tabel (1.96) dan nilai P-Values sebesar 0.887 nilai tersebut ≥ 0.05.