PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MODEL TIME TOKEN DAN MEDIA POWERPOINT PADA HASIL BELAJAR TEMA 2 MATERI IPS MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDI SEMESTA KHATULISTIWA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.author AGUSTINA, TINA
dc.date.accessioned 2022-11-30T05:13:41Z
dc.date.available 2022-11-30T05:13:41Z
dc.date.issued 2021-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1858
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui Bagaimana: 1).Pengaruh Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Time Token dan Media Powerpoint pada Hasil Belajar Tema 2 Materi IPS Siswa Kelas V; 2). Pengaruh Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Time Token dan Media Powerpoint pada Motivasi Belajar Siswa Kelas V; 3). Pengaruh Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Time Token dan Media Powerpoint pada Hasil Belajar Tema 2 Materi IPS Melalui Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan penelitian sensus. Lokasi penelitian ini bertempat di SDI Semesta Khatulistiwa Pontianak Kota. Pengambilan sampel dengan menggunakan sumber data populasi 30 siswa yaitu pada siswa kelas V SDI Semesta Khatulistiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan komunikasi tidak langsung dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas isi, converegent validity, discriminat validity, composite reability, cronbach’s alpha, uji kebaikan model (Goodnes Of Fit), uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1). Terdapat pengaruh positif signifikan persepsi siswa tentang penggunaan model pembelajaran Time Token dan media Powerpoint pada hasil belajar IPS siswa kelas V. Hasil tersebut menunjukan nilai koefisien jalur sebesar 0,556 dengan nilai T-Statistik sebesar 2,741. Nilai tersebut ≥ dari nilai t tabel (1,96) dan nilai P-Values sebesar 0,006 nilai tersebut ≤ 0,05; 2). Terdapat pengaruh positif siginifikan persepsi siswa tentang penggunaan model pembelajaran Time Token dan media Powerpoint pada motivasi belajar siswa kelas V. Hasil tersebut menunjukan nilai koefisien jalur sebesar 0,619 menunjukan bahwa memiliki pengaruh yang positif dengan nilai T-Statistik sebesar 6,830. Nilai tersebut ≥ nilai t tabel (1,96) dan nilai P- Values sebesar 0,000 nilai tersebut ≤ 0,05; 3). Terdapat pengaruh tidak signifikan persepsi siswa tentang penggunaan model pembelajaran Time Token dan media Powerpoint pada hasil belajar IPS melalui variabel intervening motivasi belajar siswa kelas V tetapi memiliki hubungan yang tidak signifikan antara hasil belajar IPS siswa melalui variabel intervening motivasi belajar siswa kelas V SDI Semesta Khatulistiwa. Hasil tersebut menunjukan nilai koefisien jalur sebesar -0,023 dengan nilai T-Statistik sebesar 0,142. Nilai tersebut ≤ nilai t tabel (1.96) dan nilai P-Values sebesar 0.887 nilai tersebut ≥ 0.05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Persepsi Siswa en_US
dc.subject Model Pembelajaran Time Token en_US
dc.subject Media Powerpoint en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MODEL TIME TOKEN DAN MEDIA POWERPOINT PADA HASIL BELAJAR TEMA 2 MATERI IPS MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDI SEMESTA KHATULISTIWA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account