Abstract:
DESI SUMARNI. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Terhadap
Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Al-Ma’arif NU Kota
Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama
Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) lingkungan belajar siswa di MTs
Al-Ma’arif NU Kota Pontianak. 2) motivasi belajar siswa di MTs Al-Ma’arif NU
Kota Pontianak. 3) konsentrasi belajar siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak.
4) pengaruh lingkungan belajar dan motivasi terhadap tingkat konsentrasi siswa di
MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Expost
Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTa Al-Ma’arif NU
Kota Pontianak yang berjumlah 98 siswa, dengan sampel sebanyak 32 siswa. Teknik
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan dokumentasi. Angket
tersebut terdiri dari soal pernyataan dari variabel (X1) lingkungan belajar, (X2)
motivasi dan (Y) konsentrasi belajar. Kemudian untuk menganalisis data dengan
bantuan IBM SPSS Statistic 25.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) lingkungan belajar
siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak dengan hasil penelitian yang telah
didapatkan peneliti dengan presentase 78.09% dikategorikan “tinggi” untuk
lingkungan belajar. 2) motivasi belajar siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak
dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan presentase 77.30%
dikategorikan “tinggi” untuk motivasi belajar. 3) konsentrasi belajar siswa di MTs
Al-Ma’arif NU Kota Pontianak dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti
dengan presentase 76.6% dikategorikan “tinggi” untuk konsentrasi belajar. 4) dari
hasil analisis uji f dari tabel Anova diperoleh nilai sebesar 0.01 < 0.05. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan antara lingkungan
belajar dan motivasi terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa, dengan demikian Ha
diterima yang artinya terdapat pengaruh lingkungan belajar dan motivasi terhadap
tingkat konsentrasi belajar siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak.