Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Al-Ma’Arif NU Kota Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.author Sumarni, Desi
dc.date.accessioned 2025-04-29T09:09:52Z
dc.date.available 2025-04-29T09:09:52Z
dc.date.issued 2023-12-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6271
dc.description.abstract DESI SUMARNI. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) lingkungan belajar siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak. 2) motivasi belajar siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak. 3) konsentrasi belajar siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak. 4) pengaruh lingkungan belajar dan motivasi terhadap tingkat konsentrasi siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTa Al-Ma’arif NU Kota Pontianak yang berjumlah 98 siswa, dengan sampel sebanyak 32 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan dokumentasi. Angket tersebut terdiri dari soal pernyataan dari variabel (X1) lingkungan belajar, (X2) motivasi dan (Y) konsentrasi belajar. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) lingkungan belajar siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan presentase 78.09% dikategorikan “tinggi” untuk lingkungan belajar. 2) motivasi belajar siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan presentase 77.30% dikategorikan “tinggi” untuk motivasi belajar. 3) konsentrasi belajar siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan presentase 76.6% dikategorikan “tinggi” untuk konsentrasi belajar. 4) dari hasil analisis uji f dari tabel Anova diperoleh nilai sebesar 0.01 < 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan antara lingkungan belajar dan motivasi terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa, dengan demikian Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh lingkungan belajar dan motivasi terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa di MTs Al-Ma’arif NU Kota Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Lingkungan Belajar en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Konsentrasi belajar siswa en_US
dc.title Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Al-Ma’Arif NU Kota Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account