Abstract:
ELLA SURYANA, 12001214. “Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik di SMP Panca Karya Ngabang Tahun 2024/2025”: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,2024.
Dalam upaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul, pendidikan bagian komponen pokok yang harus diperhatikan. ketika sistem pendidikan sebuah negara berjalan dengan baik, kualitas SDM yang dihasilkan pun akan semakin meningkat. Prestasi belajar merupakan gambaran dari penguasaan kemampuan para peserta didik sebagai mana telah di tetapkan untuk suatu pelajaran baik oleh guru sebagai pengajar, maupun oleh peserta didik sebagai pelajaran bertujuan untuk mencapai prestasi yang setinggi tingginya. Prestasi belajar dapat dipengaruhi dari beberapa faktor baik dari dalam (intern) dan luar (ekstren) diri seseorang, salah satu yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah minat belajar. Penelitian ini bertujuan : 1) Mengidentifikasi minat belajar PAI pada peserta didik di SMP Panca Karya Ngabang 2) Mengidentifikasi prestasi belajar PAI pada peserta didik di SMP Panca Karya Ngabang 3) Menganalisis hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar PAI pada peserta didik di SMP Panca Karya Ngabang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan alat pengumpulan data peneliti mengunakan populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP Panca Karya Ngabang sedangkan sampel peserta didik yang beragama islam mengingat keterbatasan jumlah sampel peserta didik yang beragama Islam di SMP Panca Karya Ngabang, maka peneliti ini termasuk penelitian populasi dan menggunakan korelasi product-momen, dimana metode ini untuk mengetahui hubungan antara minat dan prestasi peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Panca Karya Ngabang. Dalam penelitian melakukan perhitungan dengan menggunakan tabel r product momen dengan taraf signifikan 5%. penelitian ini menggunakan rumus dengan pengujian realibilitas dengan metode Alpa Cronbach dengan bantuan program SPSS. Minat belajar siswa SMP Panca Karya Ngabang dapat dikategorikan rendah dan Prestasi belajar siswa di SMP Panca Karya Ngabang masih dikategorikan rendah Terdapat hubungan antara minat dan prestasi belajar di SMP Panca Karya Ngabang, hubungan ini berdasarkan uji korelasi dengan hasil -0,192 yang artinya hubungannya negatif namun sangat lemah.