Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam
menulis cerita. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kemampuan
menulis siswa sebelum penerapan model writing in the here and now berbantu media
gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pada siswa kelas IV
MI Hidayatul Athfal Sambora, 2) untuk mengetahui kemampuan menulis siswa
setelah penerapan model writing in the here and now berbantu media gambar berseri
untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pada siswa kelas IV MI Hidayatul
Athfal Sambora, 3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa
setelah penerapan model writing in the here and now berbantu media gambar berseri
untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pada siswa kelas IV MI Hidayatul
Athfal Sambora.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
bentuk kolaborasi. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc
Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi.
Teknis analisis data yang digunakan yaitu dengan mencari nilai rata-rata cerita siswa
dan persentasenya.
Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa penerapan model writing in the here
and now berbantu media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis
cerita siswa pada kelas IV MI Hidayatul Athfal Sambora. Hasil yang didapat yaitu:
1) kemampuan menulis cerita siswa sebelum penerapan memperoleh nilai rata-rata
70,15. Jumlah siswa kelas IV yang terdiri dari 34 siswa, hanya 19 siswa yang
memperoleh nilai tuntas dengan persentase 55,88%, dan 15 siswa memperoleh nilai
tidak tuntas dengan persentase 44,12%. 2) kemampuan menulis cerita siswa setelah
penerapan pada tindakan siklus I dengan jumlah 34 siswa memperoleh nilai rata-rata
78,53, kemudian pada tindakan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi
83,97. Siswa yang sudah tuntas pada siklus I sebesar 76,47% dengan kategori baik,
kemudian persentase ketuntasan nilai siswa pada siklus II meningkat menjadi
91,18% dengan kategori sangat baik. 3) peningkatan kemampuan menulis cerita
siswa setelah penerapan menunjukkan peningkatan, nilai rata-rata prasiklus sebesar
70,15 menjadi 78,53 pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 83,97.
Persentase ketuntasan nilai siswa saat prasiklus 55,88% dan pada siklus I
memperoleh persentase nilai menjadi 76,47% dan meningkat pada siklus II menjadi
91,18%.
Kata Kunci: Model Writing In The Here And Now, Media Gambar Berseri, Menulis
Cerita