Penerapan Model Writing In The Here And Now Berbantu Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas IV MI Hidayatul Athfal Sambora Tahun Ajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Muzaiyana, Elwi
dc.date.accessioned 2021-03-22T06:51:14Z
dc.date.available 2021-03-22T06:51:14Z
dc.date.issued 2021-01-02
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/85
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerita. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kemampuan menulis siswa sebelum penerapan model writing in the here and now berbantu media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pada siswa kelas IV MI Hidayatul Athfal Sambora, 2) untuk mengetahui kemampuan menulis siswa setelah penerapan model writing in the here and now berbantu media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pada siswa kelas IV MI Hidayatul Athfal Sambora, 3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa setelah penerapan model writing in the here and now berbantu media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pada siswa kelas IV MI Hidayatul Athfal Sambora. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan bentuk kolaborasi. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu dengan mencari nilai rata-rata cerita siswa dan persentasenya. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa penerapan model writing in the here and now berbantu media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa pada kelas IV MI Hidayatul Athfal Sambora. Hasil yang didapat yaitu: 1) kemampuan menulis cerita siswa sebelum penerapan memperoleh nilai rata-rata 70,15. Jumlah siswa kelas IV yang terdiri dari 34 siswa, hanya 19 siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase 55,88%, dan 15 siswa memperoleh nilai tidak tuntas dengan persentase 44,12%. 2) kemampuan menulis cerita siswa setelah penerapan pada tindakan siklus I dengan jumlah 34 siswa memperoleh nilai rata-rata 78,53, kemudian pada tindakan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,97. Siswa yang sudah tuntas pada siklus I sebesar 76,47% dengan kategori baik, kemudian persentase ketuntasan nilai siswa pada siklus II meningkat menjadi 91,18% dengan kategori sangat baik. 3) peningkatan kemampuan menulis cerita siswa setelah penerapan menunjukkan peningkatan, nilai rata-rata prasiklus sebesar 70,15 menjadi 78,53 pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 83,97. Persentase ketuntasan nilai siswa saat prasiklus 55,88% dan pada siklus I memperoleh persentase nilai menjadi 76,47% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,18%. Kata Kunci: Model Writing In The Here And Now, Media Gambar Berseri, Menulis Cerita en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Writing In The Here And Now en_US
dc.subject Menulis Cerita id
dc.subject Media Gambar Berseri id
dc.title Penerapan Model Writing In The Here And Now Berbantu Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas IV MI Hidayatul Athfal Sambora Tahun Ajaran 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account