Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang dihadapi guru dalam
peningkatan keterampilan membaca peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: 1)
Mendeskripsikan keterampilan membaca peserta didik sebelum menggunakan
strategi Reading Aloud pada peserta didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Darussalam Punggur Kecil; 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan
membaca peserta didik setelah menggunakan strategi Reading Aloud pada peserta
didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Punggur Kecil; 3)
Mendeskripsikan keterampilan membaca peserta didik setelah menggunakan
strategi Reading Aloud pada peserta didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Darussalam Punggur Kecil
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK),
pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yaitu
sebuah penelitian yang merupakan kerja sama antara peneliti, guru, peserta didik,
dan pihak-pihak lain yang terkait untuk menciptakan suatu kinerja sekolah yang
lebih baik. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Punggur Kecil yang berjumlah 19 peserta
didik. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, tes,dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan strategi Reading
Aloud adalah: 1) Adanya peningkatan keterampilan membaca saat setelah
menggunakan strategi Reading Aloud terutama pada siklus akhir atau siklus II
baik test lisan dan tertulis; 2) Keterampilan membca peserta didik saat sebelum
menggunakan strategi Reading Aloud mendapatkan kriteria kurang sekali
disebabkan dari jumlah 19 peserta didik, terdapat 17 peserta didik yang belum
tuntas dengan nilai rerata 49,41 dan masih di bawah nilai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM); 3) Test lisan keterampilan membaca peserta didik pada siklus I
mendapatkan kriteria cukup dan siklus II mendapatkan kriteria baik. Selanjutnya,
test tertulis keterampilan membaca peserta didik pada siklus I mendapatkan
kriteria cukup disebabkan dari jumlah 19 peserta didik, terdapat 10 peserta didik
yang tuntas dengan nilai rerata 72 dan telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). Selanjutnya, siklus 2 mendapatkan kriteria baik sekali
disebabkan dari jumlah 19 peserta didik, terdapat 19 peserta didik yang tuntas
dengan nilai rerata 80 dan telah melebihi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM).
Kata Kunci: Membaca Nyaring, Keterampilan Membaca