Peningkatan Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Strategi Reading Aloud pada peserta didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Punggur Kecil Tahun Ajaran 2020/ 2021

Show simple item record

dc.contributor.author Guniah
dc.date.accessioned 2021-03-22T03:54:01Z
dc.date.available 2021-03-22T03:54:01Z
dc.date.issued 2021-01-02
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/83
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang dihadapi guru dalam peningkatan keterampilan membaca peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan keterampilan membaca peserta didik sebelum menggunakan strategi Reading Aloud pada peserta didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Punggur Kecil; 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca peserta didik setelah menggunakan strategi Reading Aloud pada peserta didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Punggur Kecil; 3) Mendeskripsikan keterampilan membaca peserta didik setelah menggunakan strategi Reading Aloud pada peserta didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Punggur Kecil Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yaitu sebuah penelitian yang merupakan kerja sama antara peneliti, guru, peserta didik, dan pihak-pihak lain yang terkait untuk menciptakan suatu kinerja sekolah yang lebih baik. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Punggur Kecil yang berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, tes,dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan strategi Reading Aloud adalah: 1) Adanya peningkatan keterampilan membaca saat setelah menggunakan strategi Reading Aloud terutama pada siklus akhir atau siklus II baik test lisan dan tertulis; 2) Keterampilan membca peserta didik saat sebelum menggunakan strategi Reading Aloud mendapatkan kriteria kurang sekali disebabkan dari jumlah 19 peserta didik, terdapat 17 peserta didik yang belum tuntas dengan nilai rerata 49,41 dan masih di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); 3) Test lisan keterampilan membaca peserta didik pada siklus I mendapatkan kriteria cukup dan siklus II mendapatkan kriteria baik. Selanjutnya, test tertulis keterampilan membaca peserta didik pada siklus I mendapatkan kriteria cukup disebabkan dari jumlah 19 peserta didik, terdapat 10 peserta didik yang tuntas dengan nilai rerata 72 dan telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selanjutnya, siklus 2 mendapatkan kriteria baik sekali disebabkan dari jumlah 19 peserta didik, terdapat 19 peserta didik yang tuntas dengan nilai rerata 80 dan telah melebihi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kata Kunci: Membaca Nyaring, Keterampilan Membaca en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Membaca Nyaring id
dc.subject Keterampilan Membaca id
dc.title Peningkatan Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Strategi Reading Aloud pada peserta didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Punggur Kecil Tahun Ajaran 2020/ 2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account