Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis
narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui: 1) Bagaimana keterampilan menulis siswa kelas IV D sebelum
menggunakan
media diorama pada pelajaran Bahasa Indonesia. 2)
Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan
media diorama di kelas IV D. 3) Bagaimanakah keterampilan menulis siswa
kelas IV D setelah menggunakan media diorama pada pelajaran Bahasa
Indonesia. 4) Apakah terdapat peningkatan keterampilan menulis siswa kelas
IV D dalam pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media diorama.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam
penelitian ini adalah guru kelas IV D Suwarni S.Pd dan peserta didik kelas IV
D di MIN 2 Pontianak Barat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
adalah observasi langsung dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1)
Pencapaian keterampilan menulis dikelas IV D sebelum menggunakan
media diorama pada tema 4 berbagi pekerjaan di MIN 2 Pontianak Barat
tahun pelajaran 2019/2020 adalah 45,24%. 2) Pelaksaan pembelajaran
tema 4 berbagi pekerjaan menggunakan media diorama sudah terlaksana
dengan baik sesuai dengan rancangan perencanaan pembelajaran yang
telah dilaksanakan oleh guru kelas IV D Ibu Suarni S.Pd. 3) Pencapaian
keterampilan menulis siswa kelas IV D setelah menggunakan media
diorama pada tema 4 berbagi pekerjaan di MIN 2 Pontianak Barat tahun
pelajaran 2019/2020, pada siklus I memperoleh hasil rata-rata sebesar
66,67% dan pada siklus II memperoleh hasil rata-rata sebesar 73,81%. 4)
Terdapat peningkatan keterampilan menulis siswa kelas IV D sebelum
dan pada saat mengguankan media diorama pada tema 4 berbagi
pekerjaan di MIN 2 Pontianak Barat tahun pelajaran 2019/2020 memiliki
hasil rata-rata sebesar 28,57%.