PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA DI KELAS IVD MIN II PONTIANAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi
dc.contributor.advisor Djarot, Muhammad
dc.contributor.author MUSDALIFAH, SITI
dc.date.accessioned 2022-06-24T09:13:29Z
dc.date.available 2022-06-24T09:13:29Z
dc.date.issued 2021-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/801
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bagaimana keterampilan menulis siswa kelas IV D sebelum menggunakan media diorama pada pelajaran Bahasa Indonesia. 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media diorama di kelas IV D. 3) Bagaimanakah keterampilan menulis siswa kelas IV D setelah menggunakan media diorama pada pelajaran Bahasa Indonesia. 4) Apakah terdapat peningkatan keterampilan menulis siswa kelas IV D dalam pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media diorama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV D Suwarni S.Pd dan peserta didik kelas IV D di MIN 2 Pontianak Barat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi langsung dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Pencapaian keterampilan menulis dikelas IV D sebelum menggunakan media diorama pada tema 4 berbagi pekerjaan di MIN 2 Pontianak Barat tahun pelajaran 2019/2020 adalah 45,24%. 2) Pelaksaan pembelajaran tema 4 berbagi pekerjaan menggunakan media diorama sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan rancangan perencanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh guru kelas IV D Ibu Suarni S.Pd. 3) Pencapaian keterampilan menulis siswa kelas IV D setelah menggunakan media diorama pada tema 4 berbagi pekerjaan di MIN 2 Pontianak Barat tahun pelajaran 2019/2020, pada siklus I memperoleh hasil rata-rata sebesar 66,67% dan pada siklus II memperoleh hasil rata-rata sebesar 73,81%. 4) Terdapat peningkatan keterampilan menulis siswa kelas IV D sebelum dan pada saat mengguankan media diorama pada tema 4 berbagi pekerjaan di MIN 2 Pontianak Barat tahun pelajaran 2019/2020 memiliki hasil rata-rata sebesar 28,57%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Keterampilan menulis, Narasi, Diorama. en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA DI KELAS IVD MIN II PONTIANAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account