Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, Hasil belajar peserta
didik pada subtema sumber energi dengan media animasi adobe flash di kelas IV SD
Muhammadiyah 1 Pontianak. Kedua, Pengaruh media animasi adobe flash terhadap
hasil belajar peserta didik pada Subtema sumber energi di kelas IV SD
Muhammadiyah 1 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi (Quasi
Eksperimental) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian
ini seluruh peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Pontianak yang terdiri dari
dua kelas semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 52 orang peserta didik.
Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB sebanyak 26 peserta didik
sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IVA sebanyak 26 peserta didik
sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pre-test dan
post-test). Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian ini
adalah statistik nonparametris dengan menggunakan uji Mann Whitney.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan:
Pertama, Rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada subtema sumber energi yang
diajarkan dengan media animasi adobe flash adalah sebesar 93,46 dan rata-rata nilai
hasil belajar peserta didik pada subtema sumber energi yang diajarkan dengan media
konvensional adalah sebesar 79,80. Maka kemampuan akhir peserta didik pada kelas
eksperimen lebih unggul dibanding kelas kontrol. Kedua, Terdapat pengaruh media
animasi adobe flash terhadap hasil belajar peserta didik subtema sumber energi.
Karena berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji mann whitney diperoleh
nilai Asymp.Sig sebesar 0,000000004734 yang berarti lebih kecil dari 0,05.
Kata Kunci: Media Animasi Adobe Flash, Hasil Belajar.