Pengaruh Penggunaan Media Animasi Adobe Flash Subtema Sumber Energi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2020

Show simple item record

dc.contributor.author Medianti
dc.date.accessioned 2021-03-22T03:07:23Z
dc.date.available 2021-03-22T03:07:23Z
dc.date.issued 2020-12-31
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/80
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, Hasil belajar peserta didik pada subtema sumber energi dengan media animasi adobe flash di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Pontianak. Kedua, Pengaruh media animasi adobe flash terhadap hasil belajar peserta didik pada Subtema sumber energi di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi (Quasi Eksperimental) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Pontianak yang terdiri dari dua kelas semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 52 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB sebanyak 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IVA sebanyak 26 peserta didik sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pre-test dan post-test). Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian ini adalah statistik nonparametris dengan menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama, Rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada subtema sumber energi yang diajarkan dengan media animasi adobe flash adalah sebesar 93,46 dan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada subtema sumber energi yang diajarkan dengan media konvensional adalah sebesar 79,80. Maka kemampuan akhir peserta didik pada kelas eksperimen lebih unggul dibanding kelas kontrol. Kedua, Terdapat pengaruh media animasi adobe flash terhadap hasil belajar peserta didik subtema sumber energi. Karena berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji mann whitney diperoleh nilai Asymp.Sig sebesar 0,000000004734 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci: Media Animasi Adobe Flash, Hasil Belajar. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Animasi Adobe Flash id
dc.subject Hasil Belajar id
dc.title Pengaruh Penggunaan Media Animasi Adobe Flash Subtema Sumber Energi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account