Abstract:
WULAN ASTARI. 11813073. Penerapan Model Pembelajaran Everyone
Is A Teacher Here Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar (Cergam) Berbasis
Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik Kelas I Di Mi
Al-Raudhatul Islamiyah Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024: Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Jurusan Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2025.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat membaca
peserta didik kelas 1 baik sebelum, saat, hingga sesudah diterapkannya model
pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan media buku cerita bergambar
(cergam) berbasis kearifan lokal di MI Al-Raudhatul Islamiyah Pontianak Timur
Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini termasuk kuantitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas
berdasarkan model Kemmis dan McTaggart. Teknik dan alat pengumpulan data
dalam penelitian ini meliputi tes, angket/kuesioner, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Untuk menganalisa data menggunakan teknik Validitas dan
Reliabilitas.
Dari penelitian ini berhasil diketahui bahwa, penerapan strategi Everyone Is A
Teacher Here dengan bantuan media buku cerita bergambar (cergam) secara efektif
meningkatkan minat membaca dan hasil belajar peserta didik. Sebelum strategi
diterapkan, minat baca siswa kelas I MIS Al Raudhatul Islamiyah Pontianak Timur masih
rendah. Namun, setelah strategi diimplementasikan sesuai langkah-langkah pembelajaran,
terjadi peningkatan yang signifikan. Penerapan strategi ini juga terbukti berhasil
meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti pada materi Iman kepada Nabi
dan Rasul di kelas I MIS Al Raudhatul Islamiyah Pontianak Timur. Hasil belajar siswa
menunjukkan peningkatan bertahap dari rata-rata 68,91 pada pra-siklus menjadi
76,91 pada siklus I, dan mencapai 90,42 pada siklus II. Dengan demikian, strategi
Everyone Is A Teacher Here terbukti efektif dalam mendorong peningkatan minat
baca dan hasil belajar siswa secara keseluruhan.