PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR (CERGAM) BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 DI MIS AL-RAUDHATUL ISLAMIYAH PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author Astari, Wulan
dc.date.accessioned 2025-09-25T01:24:08Z
dc.date.available 2025-09-25T01:24:08Z
dc.date.issued 2025-07-08
dc.identifier.citation APPA Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7710
dc.description.abstract WULAN ASTARI. 11813073. Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar (Cergam) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik Kelas I Di Mi Al-Raudhatul Islamiyah Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2025. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat membaca peserta didik kelas 1 baik sebelum, saat, hingga sesudah diterapkannya model pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan media buku cerita bergambar (cergam) berbasis kearifan lokal di MI Al-Raudhatul Islamiyah Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk kuantitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas berdasarkan model Kemmis dan McTaggart. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, angket/kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data menggunakan teknik Validitas dan Reliabilitas. Dari penelitian ini berhasil diketahui bahwa, penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here dengan bantuan media buku cerita bergambar (cergam) secara efektif meningkatkan minat membaca dan hasil belajar peserta didik. Sebelum strategi diterapkan, minat baca siswa kelas I MIS Al Raudhatul Islamiyah Pontianak Timur masih rendah. Namun, setelah strategi diimplementasikan sesuai langkah-langkah pembelajaran, terjadi peningkatan yang signifikan. Penerapan strategi ini juga terbukti berhasil meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti pada materi Iman kepada Nabi dan Rasul di kelas I MIS Al Raudhatul Islamiyah Pontianak Timur. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan bertahap dari rata-rata 68,91 pada pra-siklus menjadi 76,91 pada siklus I, dan mencapai 90,42 pada siklus II. Dengan demikian, strategi Everyone Is A Teacher Here terbukti efektif dalam mendorong peningkatan minat baca dan hasil belajar siswa secara keseluruhan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Everyone Is A Teacher Here en_US
dc.subject Buku Cerita Bergambar Kearifan Lokal Budaya en_US
dc.subject Minat Membaca. en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR (CERGAM) BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 DI MIS AL-RAUDHATUL ISLAMIYAH PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account