Abstract:
Mutiara Khaliza Nursalamah, 12010005 "Implemenasi Strategi Know
Want Learnd Divariasikan Media Cerita Bergambar dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman
bagi Peserta Didik Kelas IV Mis Nurul Islam Pontianak Tahun Ajaran
2023/2024" Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena yang terjadi
tentang kuarangnya kemampuan peserta didik memahami bacaan untuk
mendapatkan informasi yang akurat, belum digunakan metode
membelajaran dengan tepat oleh guru dan media pada saat proses
pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1)
Kemampuan membaca pemahaman sebelum menggunakan Strategi Know
Want Learnd, yang divariasikan dengan media cerita bergambar pada
peserta didik kelas IV. 2) Penggunaan Strategi Know Want Learnd yang
divariasikan dengan media ceria bergambar untuk meningkatkan
kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV. 3)
Kemampuan membaca pemahaman setelah menggunakan Strategi Know
Want Learnd yang divariasikan dengan media ceria bergambar pada peserta
didik kelas IV.
Penelitian ini mendapatkan data melalui pendekatan kuantitatif dan
kualitatif dan jenis penelitian ini PTK dan teknik analis data yang digunakan
analisis deskriptif. Sedangkan sumber data adalah guru dan siswa data
dikumpulkan memalui observasi, tes, dan dokumentasi
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1)
Kemampuan membaca peserta didik dalam memahami isi bacaan sebelum
menggunakan Strategi Know Want Learnd yang divariasikan dengan media
cerita bergambar sangat rendah yaitu dengan nilai rata-rata 61,71 dan belum
memenuhi nilai KKM. Dengan ketuntasan sebesar 31,42% 2) Penggunaan
Strategi Know Want Learnd yang divariasikan dengan media cerita
bergambar telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya 3) Setelah
digunakan Strategi Know Want Learnd yang divariasikan dengan media
cerita bergambar nilai rata-rata pada siklus I sebesar 74,16 dengan
ketuntasan 69,45% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 95,27
dengan ketuntasan sebesar 97,23%.