Implemenasi Strategi Know Want Learnd Divariasikan Media Cerita Bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman bagi Peserta Didik Kelas IV Mis Nurul Islam Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Rahmap, Rahmap
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Nursalamah, Mutiara Khaliza
dc.date.accessioned 2025-08-28T03:56:58Z
dc.date.available 2025-08-28T03:56:58Z
dc.date.issued 2024-06-12
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7572
dc.description.abstract Mutiara Khaliza Nursalamah, 12010005 "Implemenasi Strategi Know Want Learnd Divariasikan Media Cerita Bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman bagi Peserta Didik Kelas IV Mis Nurul Islam Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024" Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena yang terjadi tentang kuarangnya kemampuan peserta didik memahami bacaan untuk mendapatkan informasi yang akurat, belum digunakan metode membelajaran dengan tepat oleh guru dan media pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan membaca pemahaman sebelum menggunakan Strategi Know Want Learnd, yang divariasikan dengan media cerita bergambar pada peserta didik kelas IV. 2) Penggunaan Strategi Know Want Learnd yang divariasikan dengan media ceria bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV. 3) Kemampuan membaca pemahaman setelah menggunakan Strategi Know Want Learnd yang divariasikan dengan media ceria bergambar pada peserta didik kelas IV. Penelitian ini mendapatkan data melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan jenis penelitian ini PTK dan teknik analis data yang digunakan analisis deskriptif. Sedangkan sumber data adalah guru dan siswa data dikumpulkan memalui observasi, tes, dan dokumentasi Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan membaca peserta didik dalam memahami isi bacaan sebelum menggunakan Strategi Know Want Learnd yang divariasikan dengan media cerita bergambar sangat rendah yaitu dengan nilai rata-rata 61,71 dan belum memenuhi nilai KKM. Dengan ketuntasan sebesar 31,42% 2) Penggunaan Strategi Know Want Learnd yang divariasikan dengan media cerita bergambar telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya 3) Setelah digunakan Strategi Know Want Learnd yang divariasikan dengan media cerita bergambar nilai rata-rata pada siklus I sebesar 74,16 dengan ketuntasan 69,45% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 95,27 dengan ketuntasan sebesar 97,23%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Know Want Learnd en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Cerita Bergambar en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Membaca en_US
dc.subject Pemahaman en_US
dc.title Implemenasi Strategi Know Want Learnd Divariasikan Media Cerita Bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman bagi Peserta Didik Kelas IV Mis Nurul Islam Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account