Abstract:
Nur Riska Amalia 12010119, Pengaruh Penggunaan Model Explicit
Instruction Terhadap Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas II di SDN 09
Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan menulis peserta didik
dalam tanda baca, dan merangkai kata menjadi sebuah kalimat. Kemampuan
menulis peserta didik di sini masih terbilang cukup kurang dan harus terus berlatih
secara terus-menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model explicit instruction terhadap kemampuan menulis peserta didik
kelas II di SDN 09 Pontianak Utara.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian
eksperimen dengan menggunakan tipe quasi eksperimen pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 2A dan 2B yang
berjumlah 72 orang. Kemudian dilakukan pengambilan sample dengan
menggunakan teknik sample jenuh sehingga sample yang digunakan ialah kelas 2A
sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 peserta didik dan 2B sebagai kelas
eksperimen yang berjumlah 36 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa soal
tes essay untuk menguji kemampuan menulis peserta didik sebelum dan sesudah
menerapkan model pembelajaran explicit instruction.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan menulis peserta didik kelas
II SDN 09 Pontianak Utara sebelum menerapkan model pembelajaran explicit
instruction mendapatkan nilai rata-rata 61,17 dengan kategori cukup. (2)
Kemampuan menulis peserta didik kelas II SDN 09 Pontianak Utara setelah
menggunakan model pembelajaran explicit instruction mendapatkan nilai rata-rata
81,97 dengan kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,080
dari penggunaan model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan
menulis peserta didik kelas II SDN 09 Pontianak Utara. (4) Terdapat adanya
pengaruh antara model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan
menulis peserta didik kelas II di SDN 09 Pontianak Utara dengan nilai sebesar 1,2
kategori tinggi.