Pengaruh Penggunaan Model Explicit Instruction Terhadap Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas II di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author AMALIA, NUR RISKA
dc.date.accessioned 2025-08-28T03:10:00Z
dc.date.available 2025-08-28T03:10:00Z
dc.date.issued 2024-06-12
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7569
dc.description.abstract Nur Riska Amalia 12010119, Pengaruh Penggunaan Model Explicit Instruction Terhadap Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas II di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan menulis peserta didik dalam tanda baca, dan merangkai kata menjadi sebuah kalimat. Kemampuan menulis peserta didik di sini masih terbilang cukup kurang dan harus terus berlatih secara terus-menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model explicit instruction terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas II di SDN 09 Pontianak Utara. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan tipe quasi eksperimen pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 2A dan 2B yang berjumlah 72 orang. Kemudian dilakukan pengambilan sample dengan menggunakan teknik sample jenuh sehingga sample yang digunakan ialah kelas 2A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 peserta didik dan 2B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa soal tes essay untuk menguji kemampuan menulis peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran explicit instruction. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan menulis peserta didik kelas II SDN 09 Pontianak Utara sebelum menerapkan model pembelajaran explicit instruction mendapatkan nilai rata-rata 61,17 dengan kategori cukup. (2) Kemampuan menulis peserta didik kelas II SDN 09 Pontianak Utara setelah menggunakan model pembelajaran explicit instruction mendapatkan nilai rata-rata 81,97 dengan kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,080 dari penggunaan model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas II SDN 09 Pontianak Utara. (4) Terdapat adanya pengaruh antara model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas II di SDN 09 Pontianak Utara dengan nilai sebesar 1,2 kategori tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Explicit Instruction en_US
dc.subject Kemampuan Menulis en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Explicit Instruction Terhadap Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas II di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account