Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran
picture and picture dengan media diorama pada subtema 2 hebatnya cita-citaku
di kelas IV SDN 01 Sungai Laur. 2) Hasil belajar peserta didik sebelum
menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan media diorama
pada subtema 2 hebatnya cita-citaku di kelas IV SDN 01 Sungai Laur. 3) Hasil
belajar peserta didik sesudah menerapkan model pembelajaran picture and
picture dengan media diorama pada subtema 2 hebatnya cita-citaku di kelas IV
SDN 01 Sungai Laur. 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah
menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan media diorama
pada subtema 2 hebatnya cita-citaku di kelas IV SDN 01 Sungai Laur.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode PTK
dengan 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4)
Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik observasi, tes tulis dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu:
mean dan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model
pembelajaran picture and picture dengan media diorama pada subtema Hebatnya
cita-citaku di kelas IV SDN 01 Sungai Laur sudah dilaksanakan sesuai langkahlangkah model pembelajaran picture and picture dengan media diorama hasil
sangat baik. 2) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan model
pembelajaran picture and picture dengan media diorama di kelas IV SDN 01
Sungai Laur belum mencapai KKM, hasil belajar peserta didik hanya mencapai
rata-rata 53,67 dengan kriteria ketuntasan 70. Presentase ketuntasan klasikal
hanya 6,67% dari jumlah peserta didik. 3) Hasil belajar peserta didik setelah
menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan media diorama
pada subtema Hebatnya cita-citaku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Sungai
Laur dilakukan dua tahapan yaitu pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I ratarata hasil belajar sudah mencapai KKM, dengan nilai rata-rata sebesar 70,45
dengan persentase ketuntasan klasikal 66,67% sedangkan pada siklus II rata-rata
hasil belajar peserta didik mencapai 87,11 dengan persentase ketuntasan klasikal
sebesar 93,33%. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar setelah menerapkan
model pembelajaran picture and picture dengan media diorama pada subtema
Hebatnya cita-citaku di kelas IV SDN 01 Sungai Laur dalam tiga tahap
pelaksanaan yaitu pada pembelajaran prasiklus rata-rata hasil belajar peserta
didik hanya 53,67 dan pada siklus satu meningkat menjadi 70,45 serta pada
siklus II sebesar 87,11 sedangkan persentase ketuntasan klasikal pada prasiklus
sebesar 6,67%, pada siklus I sebesar 66,67% dan pada siklus II meningkat
menjadi 93,33% peserta didik yang mendapat nilai tuntas dari jumlah
keseluruhan 15 peserta didik dalam kelas IV.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model, Picture and Picture, Media Diorama.