Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku di Kelas IV SDN 01 Sungai Laur Tahun Pelajaran 2019/2020. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi PGMI IAIN Pontianak Tahun 2020

Show simple item record

dc.contributor.author Safitri, Reni
dc.date.accessioned 2021-03-22T01:16:31Z
dc.date.available 2021-03-22T01:16:31Z
dc.date.issued 2020-12-31
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/75
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran picture and picture dengan media diorama pada subtema 2 hebatnya cita-citaku di kelas IV SDN 01 Sungai Laur. 2) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan media diorama pada subtema 2 hebatnya cita-citaku di kelas IV SDN 01 Sungai Laur. 3) Hasil belajar peserta didik sesudah menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan media diorama pada subtema 2 hebatnya cita-citaku di kelas IV SDN 01 Sungai Laur. 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan media diorama pada subtema 2 hebatnya cita-citaku di kelas IV SDN 01 Sungai Laur. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode PTK dengan 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes tulis dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu: mean dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran picture and picture dengan media diorama pada subtema Hebatnya cita-citaku di kelas IV SDN 01 Sungai Laur sudah dilaksanakan sesuai langkahlangkah model pembelajaran picture and picture dengan media diorama hasil sangat baik. 2) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan media diorama di kelas IV SDN 01 Sungai Laur belum mencapai KKM, hasil belajar peserta didik hanya mencapai rata-rata 53,67 dengan kriteria ketuntasan 70. Presentase ketuntasan klasikal hanya 6,67% dari jumlah peserta didik. 3) Hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan media diorama pada subtema Hebatnya cita-citaku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Sungai Laur dilakukan dua tahapan yaitu pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I ratarata hasil belajar sudah mencapai KKM, dengan nilai rata-rata sebesar 70,45 dengan persentase ketuntasan klasikal 66,67% sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 87,11 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33%. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan media diorama pada subtema Hebatnya cita-citaku di kelas IV SDN 01 Sungai Laur dalam tiga tahap pelaksanaan yaitu pada pembelajaran prasiklus rata-rata hasil belajar peserta didik hanya 53,67 dan pada siklus satu meningkat menjadi 70,45 serta pada siklus II sebesar 87,11 sedangkan persentase ketuntasan klasikal pada prasiklus sebesar 6,67%, pada siklus I sebesar 66,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,33% peserta didik yang mendapat nilai tuntas dari jumlah keseluruhan 15 peserta didik dalam kelas IV. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model, Picture and Picture, Media Diorama. en_US
dc.language.iso Indonesia id
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil Belajar id
dc.subject Picture and Picture en_US
dc.subject Media Diorama id
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku di Kelas IV SDN 01 Sungai Laur Tahun Pelajaran 2019/2020. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi PGMI IAIN Pontianak Tahun 2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account