Abstract:
Helda Ramadhani (12010123): Penerapan Model Pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi
Peta Kelas IV SDN 14 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2025/2026. Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar
sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. 2) langkah-langkah
penerapan model pembelajaran. 3) hasil belajar peserta didik setelah
penerapan model pembelajaran. 4) peningkatan hasil belajar peserta didik
sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Team Games
Tournament (TGT) dibantu media Question Card untuk meningkatkan hasil
belajar pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 14 Pontianak Kota tahun
ajaran 2025/2026.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber penelitian yaitu menggunakan
seluruh siswa kelas IV SDN 14 Pontianak Kota dengan jumlah 26 peserta
didik. Teknik pebgumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan
dokumentasi. Adapun alat pengumbulan datanya yaitu berupa lembar
observasi, lembar tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Tingkat ketuntasan hasil belajar
sebelum penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
berbantuan Media Question Card hanya mencapai 30.77% (rendah). 2)
adanya peningkatan Kualitas Penerapan model Teams Games Tournament
(TGT) berbantuan Media Question Card yaitu dari 80% menjadi 93,33%. 3)
Setelah penggunaan Model Teams Games Tournament (TGT), terjadi
peningkatan hasil belajar Peserta didik dari 46.15% pada Siklus I menjadi
100% pada Siklus II. 4) penerapan Teams Games Tournament (TGT)
berbantuan Media Question Card memberikan dampak Positif terhadap
peningkatan Hasil belajar peserta didik, dari 30.77% pada Pra Siklus,
menjadi 46.15% di Siklus I, dan mencapai 100% pada Siklus II.