Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Peta Kelas IV SDN 14 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2025/2026

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Handayani Lubis, Putri
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Ramadhani, Helda
dc.date.accessioned 2025-08-20T03:33:19Z
dc.date.available 2025-08-20T03:33:19Z
dc.date.issued 2025-08-20
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7456
dc.description.abstract Helda Ramadhani (12010123): Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Peta Kelas IV SDN 14 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2025/2026. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. 2) langkah-langkah penerapan model pembelajaran. 3) hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran. 4) peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dibantu media Question Card untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 14 Pontianak Kota tahun ajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber penelitian yaitu menggunakan seluruh siswa kelas IV SDN 14 Pontianak Kota dengan jumlah 26 peserta didik. Teknik pebgumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Adapun alat pengumbulan datanya yaitu berupa lembar observasi, lembar tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Tingkat ketuntasan hasil belajar sebelum penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Question Card hanya mencapai 30.77% (rendah). 2) adanya peningkatan Kualitas Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Question Card yaitu dari 80% menjadi 93,33%. 3) Setelah penggunaan Model Teams Games Tournament (TGT), terjadi peningkatan hasil belajar Peserta didik dari 46.15% pada Siklus I menjadi 100% pada Siklus II. 4) penerapan Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Question Card memberikan dampak Positif terhadap peningkatan Hasil belajar peserta didik, dari 30.77% pada Pra Siklus, menjadi 46.15% di Siklus I, dan mencapai 100% pada Siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Team Games Tournament (TGT) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Peta Kelas IV SDN 14 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2025/2026 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account