Abstract:
TRI MADANI (12110138), Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give
di Bantu Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Aku Dan Kebutuhanku Kelas IV SDN 17
Jongkat. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Perguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2025
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk memaparkan: apakah
ada pengaruh model pembelajaran take and give dibantu media kartu
bergambar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS
materi aku dan kebutuhanku kelas IV SDN 17 Jongkat. Secara khusus adalah
untuk memaparkan: 1) hasil belajar peserta didik kelas kontrol pada mata
pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku kelas IV SDN 17 Jongkat. 2)
hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada mata pelajaran IPAS materi
aku dan kebutuhanku kelas IV SDN 17 Jongkat. 3) besar pengaruh model
pembelajaran take and give yang dibantu media kartu bergambar terhadap
hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi aku dan
kebutuhanku kelas IV SDN 17 Jongkat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi
experiment, desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest dan
posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas 2
kelas, yaitu kelas IVA dan IVC. Sampel dalam penelitian ini diambil
menggunakan teknik purposive sampling dan terpilihlah yaitu IVA sebagai
kelas eksperimen dan IVC sebagai kelas kontrol. Adapun Pengumpulan data
dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan uji instrumen, analisis deskriptif, uji hipotesis, dan uji effect
size.
Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa
hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 17 Jongkat pada materi "Aku dan
Kebutuhanku" dapat disimpulkan bahwa, 1) hasil belajar peserta didik kelas
kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran take and give yang
dibantu dengan media kartu bergambar pada saat (pretest) sebesar 53,09 dan
pada saat (posttest) yaitu sebesar 74,06 ; 2) hasil belajar peserta didik kelas
eksperimen yang menggunkan model pembelajaran take and give dibantu
media kartu bergambar pada saat (pretest) nilai rata-rata sebesar 55,55 dan
pada saat (posttest) yaitu sebesar 83,21 ; 3) besarnya pengaruh model
pembelajarn take and give dibantu media kartu bergambar terhadap hasil
belajar pada mata pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku peserta didik
kelas IV SDN 17 Jongkat, yaitu dari hasil uji effect size sebesar 0,105
memberikan pengaruh yang kecil terhadap hasil belajar.