Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give di Bantu Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Aku Dan Kebutuhanku Kelas IV SDN 17 Jongkat

Show simple item record

dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author MADANI, TRI
dc.date.accessioned 2025-08-20T03:24:49Z
dc.date.available 2025-08-20T03:24:49Z
dc.date.issued 2025-08-20
dc.identifier.citation APA(American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7454
dc.description.abstract TRI MADANI (12110138), Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give di Bantu Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Aku Dan Kebutuhanku Kelas IV SDN 17 Jongkat. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Perguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2025 Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk memaparkan: apakah ada pengaruh model pembelajaran take and give dibantu media kartu bergambar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku kelas IV SDN 17 Jongkat. Secara khusus adalah untuk memaparkan: 1) hasil belajar peserta didik kelas kontrol pada mata pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku kelas IV SDN 17 Jongkat. 2) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada mata pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku kelas IV SDN 17 Jongkat. 3) besar pengaruh model pembelajaran take and give yang dibantu media kartu bergambar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku kelas IV SDN 17 Jongkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment, desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest dan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas IVA dan IVC. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dan terpilihlah yaitu IVA sebagai kelas eksperimen dan IVC sebagai kelas kontrol. Adapun Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji instrumen, analisis deskriptif, uji hipotesis, dan uji effect size. Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 17 Jongkat pada materi "Aku dan Kebutuhanku" dapat disimpulkan bahwa, 1) hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran take and give yang dibantu dengan media kartu bergambar pada saat (pretest) sebesar 53,09 dan pada saat (posttest) yaitu sebesar 74,06 ; 2) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunkan model pembelajaran take and give dibantu media kartu bergambar pada saat (pretest) nilai rata-rata sebesar 55,55 dan pada saat (posttest) yaitu sebesar 83,21 ; 3) besarnya pengaruh model pembelajarn take and give dibantu media kartu bergambar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku peserta didik kelas IV SDN 17 Jongkat, yaitu dari hasil uji effect size sebesar 0,105 memberikan pengaruh yang kecil terhadap hasil belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Take and Give en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Kartu Bergambar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject IPAS en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give di Bantu Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Aku Dan Kebutuhanku Kelas IV SDN 17 Jongkat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account