Abstract:
Alvinia Sekar Ayu Ningtyas, 12110042 “Penerapan Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Kelas V
SDN 23 Sungai Ambawang Tahun Pelajaran 2024/2025”. Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut
Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguatan karakter peserta
didik melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai salah satu
bagian utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan
projek P5 di kelas V SDN 23 Sungai Ambawang Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian adalah guru kelas V dan sebelas peserta didik. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan projek dilakukan melalui
kerja sama antar guru dalam memilih tema “Kewirausahaan” dengan subtema
“Market Day”, menyusun tujuan pembelajaran, menyepakati metode, dan
menetapkan jadwal pelaksanaan secara fleksibel. Pelaksanaan projek berlangsung
secara aktif dan melibatkan seluruh peserta didik dalam kegiatan seperti merancang
produk jualan, bekerja sama dalam kelompok, menghias stand, dan menjual produk
pada hari puncak kegiatan. Kegiatan ini menumbuhkan sikap gotong royong,
kemandirian, kreativitas, dan kemampuan komunikasi. Evaluasi dilakukan melalui
pengamatan langsung oleh guru terhadap sikap dan keterlibatan peserta didik
selama proses, serta refleksi setelah kegiatan untuk mengukur dampak terhadap
nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang ditargetkan.
Kata Kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka
Implikasi: Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan projek P5 secara
kontekstual mampu membentuk karakter siswa secara nyata dan bermakna. Sekolah
dapat menjadikan projek seperti “Market Day” sebagai strategi pembelajaran
karakter yang aktif, kolaboratif, dan sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.