PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 23 SUNGAI AMBAWANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author NINGTYAS, ALVINIA SEKAR AYU
dc.date.accessioned 2025-08-12T08:52:30Z
dc.date.available 2025-08-12T08:52:30Z
dc.date.issued 2025-07-27
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7401
dc.description.abstract Alvinia Sekar Ayu Ningtyas, 12110042 “Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Kelas V SDN 23 Sungai Ambawang Tahun Pelajaran 2024/2025”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguatan karakter peserta didik melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai salah satu bagian utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan projek P5 di kelas V SDN 23 Sungai Ambawang Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan sebelas peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan projek dilakukan melalui kerja sama antar guru dalam memilih tema “Kewirausahaan” dengan subtema “Market Day”, menyusun tujuan pembelajaran, menyepakati metode, dan menetapkan jadwal pelaksanaan secara fleksibel. Pelaksanaan projek berlangsung secara aktif dan melibatkan seluruh peserta didik dalam kegiatan seperti merancang produk jualan, bekerja sama dalam kelompok, menghias stand, dan menjual produk pada hari puncak kegiatan. Kegiatan ini menumbuhkan sikap gotong royong, kemandirian, kreativitas, dan kemampuan komunikasi. Evaluasi dilakukan melalui pengamatan langsung oleh guru terhadap sikap dan keterlibatan peserta didik selama proses, serta refleksi setelah kegiatan untuk mengukur dampak terhadap nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang ditargetkan. Kata Kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka Implikasi: Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan projek P5 secara kontekstual mampu membentuk karakter siswa secara nyata dan bermakna. Sekolah dapat menjadikan projek seperti “Market Day” sebagai strategi pembelajaran karakter yang aktif, kolaboratif, dan sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Projek Penguatan en_US
dc.subject Profil Pelajar Pancasila en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.title PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 23 SUNGAI AMBAWANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account