Abstract:
NURUL WAHYUNI, Penerapan Metode BCM (bermain, cerita, menyanyi)
pada pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada anak
kelas II Di Mis Al-Ihsan Pontianak Utara
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Untuk mengetahui bagaimana
penerapan metode BCM (bermain,cerita,menyanyi) dalam meningkatkan rasa percaya
diri pada anak kelas II di Madrasah Ibtidayah Al-Ihsan pontianak Utara 2) Untuk
mengetatahui apakah terdapat peningkatan rasa percaya diri pada anak kelas II dengan
penerapan metode BCM (bermain,cerita,menyanyi) di madrasah Ibtidayah Al- Ihsan
pontianak utara semeseter genap. 3) untuk mengetahui rasa percaya diri peserta didik
dalam pembelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkannya metode BCM
(bermain,cerita,menyanyi) kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Al –Ihsan pontianak utara 4)
untuk mengetahui Peningkatan rasa percaya diri peserta didik dalam pembelajaran bahasa
Indonesia sebelum dan setelah di terapankannya metode BCM (bermain,cerita,menyanyi)
kelas II di madrasah Ibtidayah Al-Ihsan Pontianak Utara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas yang terdiri dari III siklus dengan 4 tahapan yaitu rancangan, tindakan,
observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dan dokumentasi.
Metode yang digunakan peneliti dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif . Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II MIS Al-Ihsan
Pontianak Utara yang berjumlah 18 peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Hasil Observasi pra
tindakan didapatkan data pada nilai rata-rata kemampuan rasa percaya diri peserta didik
sebesar 39% (7 peserta didik) dikategorikan tuntas. 2) Langkah-langkah yang di peroleh
hasil observasi penaran metode BCM (bermain cerita menyanyi) siklus 1 dengan
persentase 71,42%. Langkah-langkah penerapan metode BCM (bermain,cerita,menyanyi)
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MIS Al-Ihsan Pontianak Utara . 3)
Berdasarkan hasil dari siklus I didapatkan data rasa percaya diri peserta didik yang
memperoleh kriteria baik/cukup sebesar 56% (10 peserta didik) yang dikategorikan
memenuhi kriteria, selanjutnya pada siklus II didapatkan data didapatkan data rasa
percaya diri peserta didik yang memperoleh kriteria baik/cukup sebesar 67% (12 peserta
didik) yang dikategorikan memenuhi kriteria, dan pada siklus III didapatkan data rasa
percaya diri peserta didik yang memperoleh kriteria baik/cukup sebesar 83% (15 peserta
didik) yang dikategorikan memenuhi kriteria. 4) Terjadi peningkatan persentase rata-rata
pada pra tindakan sebesar 39% meningkat menjadi 56% pada siklus I kemudian
meningkat lagi menjadi 67% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 83%.