PENERAPAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK KELAS II DI MIS AL-IHSAN PONTIANAK UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusriadi, Yusriadi
dc.contributor.advisor Aprilyanti, Media
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Wahyuni, Nurul
dc.date.accessioned 2025-08-12T06:30:15Z
dc.date.available 2025-08-12T06:30:15Z
dc.date.issued 2025-07-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7392
dc.description.abstract NURUL WAHYUNI, Penerapan Metode BCM (bermain, cerita, menyanyi) pada pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada anak kelas II Di Mis Al-Ihsan Pontianak Utara Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode BCM (bermain,cerita,menyanyi) dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak kelas II di Madrasah Ibtidayah Al-Ihsan pontianak Utara 2) Untuk mengetatahui apakah terdapat peningkatan rasa percaya diri pada anak kelas II dengan penerapan metode BCM (bermain,cerita,menyanyi) di madrasah Ibtidayah Al- Ihsan pontianak utara semeseter genap. 3) untuk mengetahui rasa percaya diri peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkannya metode BCM (bermain,cerita,menyanyi) kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Al –Ihsan pontianak utara 4) untuk mengetahui Peningkatan rasa percaya diri peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebelum dan setelah di terapankannya metode BCM (bermain,cerita,menyanyi) kelas II di madrasah Ibtidayah Al-Ihsan Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari III siklus dengan 4 tahapan yaitu rancangan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan peneliti dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif . Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II MIS Al-Ihsan Pontianak Utara yang berjumlah 18 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Hasil Observasi pra tindakan didapatkan data pada nilai rata-rata kemampuan rasa percaya diri peserta didik sebesar 39% (7 peserta didik) dikategorikan tuntas. 2) Langkah-langkah yang di peroleh hasil observasi penaran metode BCM (bermain cerita menyanyi) siklus 1 dengan persentase 71,42%. Langkah-langkah penerapan metode BCM (bermain,cerita,menyanyi) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MIS Al-Ihsan Pontianak Utara . 3) Berdasarkan hasil dari siklus I didapatkan data rasa percaya diri peserta didik yang memperoleh kriteria baik/cukup sebesar 56% (10 peserta didik) yang dikategorikan memenuhi kriteria, selanjutnya pada siklus II didapatkan data didapatkan data rasa percaya diri peserta didik yang memperoleh kriteria baik/cukup sebesar 67% (12 peserta didik) yang dikategorikan memenuhi kriteria, dan pada siklus III didapatkan data rasa percaya diri peserta didik yang memperoleh kriteria baik/cukup sebesar 83% (15 peserta didik) yang dikategorikan memenuhi kriteria. 4) Terjadi peningkatan persentase rata-rata pada pra tindakan sebesar 39% meningkat menjadi 56% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 67% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 83%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject BCM (Bermain,Cerita,Menyanyi) en_US
dc.subject Rasa Percaya Diri en_US
dc.title PENERAPAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK KELAS II DI MIS AL-IHSAN PONTIANAK UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account