Abstract:
LIVIA MITA OKTAVIANI (11813061), Penerapan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas IV SDN 20 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2024/2025; Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) Kemampuan membaca pemahaman peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar kelas IV SDN 20 Sungai Raya tahun pelajaran 2024/2025, 2) Penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kelas IV SDN 20 Sungai Raya tahun pelajaran 2024/2025, 3) Kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar kelas IV SDN 20 Sungai Raya tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitiannya adalah di SDN 20 Sungai Raya dan sumber datanya adalah peserta didik kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Test, lembar observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan Test (post test), lembar observasi, dan dokumentasi (smartphone).
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kemampuan membaca pemahaman peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar kelas IV dengan nilai rata-rata 68,6 dan persentase ketuntasan 44%. 2) Penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar di kelas IV telah terlaksana sesuai langkah-langkah metode koperatif. 3) Kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar kelas IV pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,04 dan persentase ketuntasan 76% , sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,41 dan pesrsentase ketuntasan 100%.