PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SDN 20 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Sugiatno, Septian Utut
dc.contributor.author Oktaviani, Livia Mita
dc.date.accessioned 2025-08-08T05:42:51Z
dc.date.available 2025-08-08T05:42:51Z
dc.date.issued 2025-07-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7344
dc.description.abstract LIVIA MITA OKTAVIANI (11813061), Penerapan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas IV SDN 20 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2024/2025; Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) Kemampuan membaca pemahaman peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar kelas IV SDN 20 Sungai Raya tahun pelajaran 2024/2025, 2) Penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kelas IV SDN 20 Sungai Raya tahun pelajaran 2024/2025, 3) Kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar kelas IV SDN 20 Sungai Raya tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitiannya adalah di SDN 20 Sungai Raya dan sumber datanya adalah peserta didik kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Test, lembar observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan Test (post test), lembar observasi, dan dokumentasi (smartphone). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kemampuan membaca pemahaman peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar kelas IV dengan nilai rata-rata 68,6 dan persentase ketuntasan 44%. 2) Penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar di kelas IV telah terlaksana sesuai langkah-langkah metode koperatif. 3) Kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar kelas IV pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,04 dan persentase ketuntasan 76% , sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,41 dan pesrsentase ketuntasan 100%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model CIRC en_US
dc.subject Media Cerita Bergambar en_US
dc.subject Membaca Pemahaman en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SDN 20 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account