Abstract:
ISMAIL, Penerapan strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ips di Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya strategi make a match, dan menjelaskan langkah-langkah penerapan model pembelajaran make a match dan memaparkan hasil peserta didik sebelum menggunakan strategi make a match dan sesudah menggunakan strategi make a match.
Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan strategi make a match yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran, observasi, dokumentasi.
Hasil penelitian ini dalam penggunaan penerapan strategi make a match hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan di setiap siklusnya, pada penelitian hasil belajar peserta didik dari siklus I mencapai peresentasi 65%, dengan 13 peserta didik mencapai ketuntasan dan 7 peserta didik yang masih belum tuntas, dan pada proses pelaksanaan siklus II meningkat hasil belajara peserta didik mencapai 90%, dengan 18 peserta didik yang mencapai ketuntasan dan 2 peserta didik yang masih belum mencapai ketuntasan, dengan paparan tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan pada hasil belajar peserta didik.