PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author ISMAIL, ISMAIL
dc.date.accessioned 2025-08-08T05:37:56Z
dc.date.available 2025-08-08T05:37:56Z
dc.date.issued 2025-07-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7343
dc.description.abstract ISMAIL, Penerapan strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ips di Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya strategi make a match, dan menjelaskan langkah-langkah penerapan model pembelajaran make a match dan memaparkan hasil peserta didik sebelum menggunakan strategi make a match dan sesudah menggunakan strategi make a match. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan strategi make a match yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini dalam penggunaan penerapan strategi make a match hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan di setiap siklusnya, pada penelitian hasil belajar peserta didik dari siklus I mencapai peresentasi 65%, dengan 13 peserta didik mencapai ketuntasan dan 7 peserta didik yang masih belum tuntas, dan pada proses pelaksanaan siklus II meningkat hasil belajara peserta didik mencapai 90%, dengan 18 peserta didik yang mencapai ketuntasan dan 2 peserta didik yang masih belum mencapai ketuntasan, dengan paparan tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan pada hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject make a match en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account