Abstract:
Demita Asih: Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality (AR)
terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Negeri
03 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama
Islam Negeri Pontianak Tahun 2025 M/1447 H.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; 1) Mendeskripsikan hasil belajar
peserta didik kelas V yang tidak diajar menggunakan media Augmented Reality
(AR) pada materi bangun ruang di SD Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Pelajaran
2024/2025; 2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas V yang diajar
menggunakan media Augmented Reality (AR) pada materi bangun ruang; dan 3)
Menguji signifikan pengaruh penggunaan media Augmented Reality (AR) terhadap
hasil belajar peserta didik kelas V pada materi bangun ruang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN
03 Pontianak Timur yang berjumlah 92 orang yang terbagi menjadi tiga kelas.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga di
peroleh sampel untuk kelas eksperimen yaitu kelas VA dan untuk sampel kelas
kontrol yaitu kelas VB. Alat pengumpulan data berupa tes, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji
independent sampel T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Hasil belajar peserta didik yang
tidak menggunakan media AR memiliki rata-rata nilai pretest sebesar 46,94 dengan
ketuntasan belajar hanya sebesar 16,13%, sedangkan untuk nilai rata-rata posttest
sebesar 62,47, dengan ketuntasan belajar hanya 54,84%; 2) Hasil belajar peserta
didik yang menggunakan media AR mengalami peningkatan signifikan, dengan
rata-rata nilai pretest sebesar 43,06 dengan ketuntasan belajar sebesar 6,45%,
sedangkan untuk rata-rata nilai posttest sebesar 81,13 dengan ketuntasan belajar
mencapai 90,32%; 3) Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 <
0,05 dengan besar pengaruh sebesar 1,98, sehingga Ha diterima dan H₀ ditolak,
yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media
Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bangun
ruang.