PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 03 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Achmad, Firdaus
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author ASIH, DEMITA
dc.date.accessioned 2025-08-07T07:50:46Z
dc.date.available 2025-08-07T07:50:46Z
dc.date.issued 2025-07-24
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7330
dc.description.abstract Demita Asih: Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality (AR) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak Tahun 2025 M/1447 H. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; 1) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas V yang tidak diajar menggunakan media Augmented Reality (AR) pada materi bangun ruang di SD Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2024/2025; 2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas V yang diajar menggunakan media Augmented Reality (AR) pada materi bangun ruang; dan 3) Menguji signifikan pengaruh penggunaan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 03 Pontianak Timur yang berjumlah 92 orang yang terbagi menjadi tiga kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga di peroleh sampel untuk kelas eksperimen yaitu kelas VA dan untuk sampel kelas kontrol yaitu kelas VB. Alat pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji independent sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media AR memiliki rata-rata nilai pretest sebesar 46,94 dengan ketuntasan belajar hanya sebesar 16,13%, sedangkan untuk nilai rata-rata posttest sebesar 62,47, dengan ketuntasan belajar hanya 54,84%; 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan media AR mengalami peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 43,06 dengan ketuntasan belajar sebesar 6,45%, sedangkan untuk rata-rata nilai posttest sebesar 81,13 dengan ketuntasan belajar mencapai 90,32%; 3) Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dengan besar pengaruh sebesar 1,98, sehingga Ha diterima dan H₀ ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Augmented Reality en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Bangun Ruang en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 03 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account