Abstract:
Ahmad Azhar. Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan
Menggunakan Metode Think Pair Share (TPS) dengan Bantuan Media Gambar
pada Materi Bumi dan Alam Semesta Kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai
Terus Tahun 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keaktifan belajar IPA
pada materi Bumi dan Alam Semesta kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai
Terus sebelum diterapkan metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media
gambar; (2) penerapan metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media
gambar untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA pada materi Bumi dan Alam
Semesta kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus; (3) keaktifan belajar IPA
pada materi Bumi dan Alam Semesta kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai
Terus setelah diterapkan metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media
gambar; dan (4) peningkatan keaktifan belajar IPA pada materi Bumi dan Alam
Semesta kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus setelah diterapkan metode
Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media gambar.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian berada di MIS Nahdatul Islamiyah
Sungai Terus dengan subjek penelitian sebanyak 15 peserta didik kelas V. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, observasi, dan dokumentasi.
Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar tes, lembar observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis terhadap
aktivitas guru dan peserta didik serta analisis hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode Think Pair
Share (TPS) dengan bantuan media gambar dapat meningkatkan keaktifan belajar
IPA peserta didik kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus; (2) sebelum
diterapkan metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media gambar, rata rata nilai keaktifan peserta didik adalah 60%; (3) penerapan metode Think Pair
Share (TPS) dengan bantuan media gambar berhasil dilaksanakan sesuai langkah langkah yang ditetapkan; dan (4) setelah penerapan metode ini, rata-rata nilai
keaktifan belajar pada siklus I meningkat menjadi 66,66%, dan pada siklus II
mencapai 100%, yang menunjukkan peningkatan keaktifan belajar secara
signifikan. Dengan demikian, metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan
media gambar terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA peserta didik
kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus.