MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE DIBANTU MEDIA GAMBAR MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTAKELAS VMIS NAHDATUL ISLAMIYAH SUNGAI TERUS TAHUN AJARAN 2025/2026

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Azhar, Ahmad
dc.date.accessioned 2025-08-06T03:50:54Z
dc.date.available 2025-08-06T03:50:54Z
dc.date.issued 2025-07-07
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7286
dc.description.abstract Ahmad Azhar. Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Think Pair Share (TPS) dengan Bantuan Media Gambar pada Materi Bumi dan Alam Semesta Kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus Tahun 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keaktifan belajar IPA pada materi Bumi dan Alam Semesta kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus sebelum diterapkan metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media gambar; (2) penerapan metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media gambar untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA pada materi Bumi dan Alam Semesta kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus; (3) keaktifan belajar IPA pada materi Bumi dan Alam Semesta kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus setelah diterapkan metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media gambar; dan (4) peningkatan keaktifan belajar IPA pada materi Bumi dan Alam Semesta kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus setelah diterapkan metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media gambar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian berada di MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus dengan subjek penelitian sebanyak 15 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis terhadap aktivitas guru dan peserta didik serta analisis hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media gambar dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA peserta didik kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus; (2) sebelum diterapkan metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media gambar, rata rata nilai keaktifan peserta didik adalah 60%; (3) penerapan metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media gambar berhasil dilaksanakan sesuai langkah langkah yang ditetapkan; dan (4) setelah penerapan metode ini, rata-rata nilai keaktifan belajar pada siklus I meningkat menjadi 66,66%, dan pada siklus II mencapai 100%, yang menunjukkan peningkatan keaktifan belajar secara signifikan. Dengan demikian, metode Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media gambar terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA peserta didik kelas V MIS Nahdatul Islamiyah Sungai Terus. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Think Pair Share en_US
dc.subject Media Gambar en_US
dc.title MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE DIBANTU MEDIA GAMBAR MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTAKELAS VMIS NAHDATUL ISLAMIYAH SUNGAI TERUS TAHUN AJARAN 2025/2026 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account