Abstract:
SELLA MONIKA (12010139), “Penerapan Model
Pembelajaran Word Square Berbantuan Flash Card Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran
IPAS di SD Negeri 03 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,
2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena peserta didik terlihat kurang
menunjukkan hasil belajar kognitif yang baik karena selama pembelajaran
berlangsung di kelas tidak sesuai dengan yang diharapkan. Karena peserta
didik yang tuntas pada materi tersebut hanya 8 orang dari 31 peserta didik
dengan nilai rata – rata kelas 64,19. Adapun tujuan dari penelitian ini
yaitu: Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik sebelum
diterapkan model pembelajaran word square berbantuan flash card,
langkah-langkah, hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan dan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi cerita tentang
daerahku Kelas IV C sebelum dan sesudah diterapkan model
pembelajaran word square berbantuan flash card di SDN 03 Pontianak
Timur tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
pendekatan yang mengkombinasikan anatara kuantitatif dan kualitatif.
Lokasi penelitian bertempat di SDN 03 Pontianak Timur dengan sumber
data adalah peserta didik kelas IV C. Teknik pengumpulan data berupa
tes,observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar
soal pilihan ganda, lembar observasi, foto, vidio serta data nilai. Analisis
data berupa analisis persentase dan mean.
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat
menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas IV C sebelum
diterapkan model pembelajaran Word Square berbantuan flash card di
SDN 03 Pontianak Timur sebesar 25,8%. 2) Langkah penerapan model
pembelajaran Word Square berbantuan flash card pada materi cerita
tentang daerahku kelas IV C telah dilakukan sesuai dengan langkahlangkah pembelajaran, yaitu siklus I keterlaksanaan proses pembelajaran
sebesar 51,61% sedangkan pada siklus II sebesar 90,32 %. 3) Hasil belajar
peserta didik kelas IV C sesudah diterapkan model pembelajaran Word
Square berbantuan flash card di SDN 03 Pontianak Timur sebesar
90,32%. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi
cerita tentang daerahku kelas IV C sebelum dan sesudah diterapkan model
pembelajaran Word Square berbantuan flash card di SDN 03 Pontianak
Timur yaitu pada pra siklus ketuntasan klasikal peserta didik sebesar
25,80%, pada siklus I peningkat menjadi 51,61% dan pada siklus II
meningkat menjadi 90,32%.