PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV C SD NEGERI 03 PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Aprilyanti, Media
dc.contributor.author MONIKA, SELLA
dc.date.accessioned 2025-08-05T06:52:45Z
dc.date.available 2025-08-05T06:52:45Z
dc.date.issued 2025-07-15
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7231
dc.description.abstract SELLA MONIKA (12010139), “Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 03 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi karena peserta didik terlihat kurang menunjukkan hasil belajar kognitif yang baik karena selama pembelajaran berlangsung di kelas tidak sesuai dengan yang diharapkan. Karena peserta didik yang tuntas pada materi tersebut hanya 8 orang dari 31 peserta didik dengan nilai rata – rata kelas 64,19. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran word square berbantuan flash card, langkah-langkah, hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi cerita tentang daerahku Kelas IV C sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran word square berbantuan flash card di SDN 03 Pontianak Timur tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan yang mengkombinasikan anatara kuantitatif dan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 03 Pontianak Timur dengan sumber data adalah peserta didik kelas IV C. Teknik pengumpulan data berupa tes,observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, foto, vidio serta data nilai. Analisis data berupa analisis persentase dan mean. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas IV C sebelum diterapkan model pembelajaran Word Square berbantuan flash card di SDN 03 Pontianak Timur sebesar 25,8%. 2) Langkah penerapan model pembelajaran Word Square berbantuan flash card pada materi cerita tentang daerahku kelas IV C telah dilakukan sesuai dengan langkahlangkah pembelajaran, yaitu siklus I keterlaksanaan proses pembelajaran sebesar 51,61% sedangkan pada siklus II sebesar 90,32 %. 3) Hasil belajar peserta didik kelas IV C sesudah diterapkan model pembelajaran Word Square berbantuan flash card di SDN 03 Pontianak Timur sebesar 90,32%. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi cerita tentang daerahku kelas IV C sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Word Square berbantuan flash card di SDN 03 Pontianak Timur yaitu pada pra siklus ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 25,80%, pada siklus I peningkat menjadi 51,61% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,32%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Word square en_US
dc.subject flash card en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV C SD NEGERI 03 PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account