Abstract:
LALA MUNIKASARI (12110139), Integrasi pemikiran Ibnu Khaldun dengan mata
pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial materi mata pencaharian dan profesi
Masyarakat di sekitarku kelas IV SD/MI. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibdtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan 1) Untuk Mengidentifikasi studi
pemikiran Ibnu Khaldun tentang konsep mencari penghidupan dan jenis-jenis
pekerjaan 2) Untuk Pemetaan Materi dalam Buku pembelajaran kelas IV dengan tema
mata pencaharian Masyarakat disekitarku 3) Bagaimana mengintegrasikan pemikiran
Ibnu Khaldun terhadap materi pembelajaran IPS kelas IV Materi mata pencaharian dan
profesi Masyarakat disekitarku? 4) Apakah teori Ibnu Khaldun masih relevan dengan
dunia pembelajaraan saat ini khususnya pada segmen pembahasan content materi
pembelajaran IPS kelas IV.
Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan biografi, yang
berfokus pada kajian terhadap gagasan dan pemikiran tokoh melalui studi pustakan
serta analisis isi buku ajar. Data dikumpulkan melalui wawancara dan analisis literatur
terhadap karya-karya Ibnu Khaldun serta buku pembelajaran IPAS kelas IV SD/MI.
Subjek pengelolaan data dalam penelitian ini adalah karya Ibnu Khaldun terutama
Muqaddimah, sebagai sumber utama pemikiran tokoh dan buku ajar Ilmu Pengetahuan
Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SD/MI. Data juga didukung oleh wawancara dengan
pakar sebagai informan kunci untuk memperoleh validasi pemikiran Ibnu Khaldun
dalam konteks Pendidikan dasar saat ini.
Hasil penelitian menujukkan bahwasannya Konsep-kosep Ibnu Khaldun seperti
pentingnya kerja, nilai profesi dalam masyarakat serta hubungna antara usaha dan
kesejahteraan sosial memiliki keterkaitan yang kuat dengan tujuan pembelajaran IPAS.
Pemikirannya juga masih relevan dalam konteks pendidikan dasar saat ini karena dapat
menanamkan nilai-nilai etika kerja, tanggung jawab, dan kontribusi sosial pada peserta
didik.