INTEGRASI PEMIKIRAN IBNU KHALDUN DENGAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL MATERI MATA PENCAHARIAN DAN PROFESI MASYARAKAT DI SEKITARKU KELAS IV SD/MI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Munikasari, Lala
dc.date.accessioned 2025-08-04T07:48:16Z
dc.date.available 2025-08-04T07:48:16Z
dc.date.issued 2025-06-16
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7213
dc.description.abstract LALA MUNIKASARI (12110139), Integrasi pemikiran Ibnu Khaldun dengan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial materi mata pencaharian dan profesi Masyarakat di sekitarku kelas IV SD/MI. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibdtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan 1) Untuk Mengidentifikasi studi pemikiran Ibnu Khaldun tentang konsep mencari penghidupan dan jenis-jenis pekerjaan 2) Untuk Pemetaan Materi dalam Buku pembelajaran kelas IV dengan tema mata pencaharian Masyarakat disekitarku 3) Bagaimana mengintegrasikan pemikiran Ibnu Khaldun terhadap materi pembelajaran IPS kelas IV Materi mata pencaharian dan profesi Masyarakat disekitarku? 4) Apakah teori Ibnu Khaldun masih relevan dengan dunia pembelajaraan saat ini khususnya pada segmen pembahasan content materi pembelajaran IPS kelas IV. Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan biografi, yang berfokus pada kajian terhadap gagasan dan pemikiran tokoh melalui studi pustakan serta analisis isi buku ajar. Data dikumpulkan melalui wawancara dan analisis literatur terhadap karya-karya Ibnu Khaldun serta buku pembelajaran IPAS kelas IV SD/MI. Subjek pengelolaan data dalam penelitian ini adalah karya Ibnu Khaldun terutama Muqaddimah, sebagai sumber utama pemikiran tokoh dan buku ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SD/MI. Data juga didukung oleh wawancara dengan pakar sebagai informan kunci untuk memperoleh validasi pemikiran Ibnu Khaldun dalam konteks Pendidikan dasar saat ini. Hasil penelitian menujukkan bahwasannya Konsep-kosep Ibnu Khaldun seperti pentingnya kerja, nilai profesi dalam masyarakat serta hubungna antara usaha dan kesejahteraan sosial memiliki keterkaitan yang kuat dengan tujuan pembelajaran IPAS. Pemikirannya juga masih relevan dalam konteks pendidikan dasar saat ini karena dapat menanamkan nilai-nilai etika kerja, tanggung jawab, dan kontribusi sosial pada peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Ibnu Khaldun en_US
dc.subject IPAS en_US
dc.subject Integrasi pemikiran en_US
dc.subject mata pencaharian en_US
dc.subject Profesi en_US
dc.title INTEGRASI PEMIKIRAN IBNU KHALDUN DENGAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL MATERI MATA PENCAHARIAN DAN PROFESI MASYARAKAT DI SEKITARKU KELAS IV SD/MI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account