Abstract:
ANGGY DIAH PERMATA, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran
Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V DI SD
Muhammadiyah Rasau Jaya. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK),
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institus Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Model pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan dibutuhkan untuk
mendukung ketercapaian hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi awal di
SD Muhammadiyah Rasau Jaya, diketahui bahwa 62% peserta didik kelas V telah
mencapai KKM, namun masih terdapat 38% peserta didik yang belum mencapai
KKM, khususnya pada materi Budaya Daerah. Hal ini menunjukkan bahwa
meskipun pembelajaran telah berjalan dengan cukup baik, masih diperlukan upaya
untuk meningkatkan pemahaman peserta didik secara lebih merata. Oleh karena itu
peneliti menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH).
Tujuan penelitian ini terbagi menjadi 3 tujuan utama. Pertama,
mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) di
SD Muhammadiyah Rasau Jaya. Kedua, mendeskripsikan hasil belajar peserta
didik menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Ketiga,
menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay
(CRH) terhadap hasil belajar peserta didik.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif,
dengan jenis penelitian Quasi-eksperimen. Lokasi penelitian dilakukan di SD
Muhammadiyah Rasau Jaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas V, sebanyak 26 peserta didik yang seluruhnya menjadi sampel. Teknik
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi.
Sedangkan instrumen pengumpulan datanya adalah lembar observasi, lembar soal,
dan lembarَّceklis,َّujiَّvaliditasَّmenggunakanَّaiken’sَّVَّdanَّujiَّreliabilitas.َّTeknikَّ
analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis (paired sample t-test).
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, peneliti menyimpulkan 3 hal
utama. Pertama, Penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) di
SD Muhammadiyah Rasau Jaya telah terlaksana seluruhnya (100%) dengan baik
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. Kedua, Hasil rata-rata dari pre-test
peserta didik 59,23 setelah menggunakan model pembelajaran Course Review
Horay (CRH) mendapatkan rata-rata skor post-test 81,54 yang menunjukkan
peningkatan sebesar 37,67%. Ketiga, Nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka H0
ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar. Maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik di SD
Muhammadiyah Rasau Jaya setelah menggunakan model pembelajaran Course
Review Horay (CRH).