Abstract:
FARIZTA HARLY IWALFATJ, Penerapan Metode Diskusi Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 06 Pontianak Timur Tahun
Pelajar 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Pembelajaran yang efektif menuntut guru untuk menggunakan metode yang dapat
meningkatkan partisipasi dan pemahaman peserta didik. Berdasarkan pengamatan di kelas
IV SDN 06 Pontianak Timur, diketahui bahwa penggunaan metode ceramah membuat
siswa kurang aktif dan berdampak pada rendahnya hasil belajar PKn
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar peserta didik
sebelum menggunakan metode diskusi di kelas IV SDN 06 Pontianak Timur Tahun
Ajaran 2024/2025, (2) langkah-langkah penggunaan metode dsikusi di kelas IV
SDN 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025, (3) hasil belajar peserta didik
setelah menggunakan metode diskusi di Kelas IV SDN 06 Pontianak Timur Tahun
Ajaran 2024/2025 (4) mengetahui terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik
setelah menggunakan metode diskusi di Kelas IV SDN 06 Pontianak Timur Tahun
Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Alat pengumpulan
data yaitu lembar observasi, soal tes, dan dokumentasi. Penelitian ini di lakukan di
Sekolah Dasar Negeri 06 Pontianak Timur yang berjumlah 28 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar PKn
sebelum menggunakan metode diskusi adalah dengan rata-rata 51,78%, (2) untuk
meningkatkan hasil belajar Pkn pada peserta didik dengan metode diskusi
dilakukan dengan 2 siklus, pembelajaran pada siklus-siklus tersebut dapat
digambarkan sebagai berikut, (a) menentukan jenis diskusi yang sesuai,
menetapkan masalah yang akan dibahas, serta menyiapkan hal-hal teknis
pelaksanaan, (b) pelaksanaan diskusi harus dipersiapkan dengan baik, dilakukan
sesuai aturan, melibatkan semua peserta secara adil, dan dijaga agar tetap fokus
pada topik, (c) diskusi diakhiri dengan merangkum hasil dan meminta masukkan
peserta untuk evaluasi. (3) hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode
diskusi sebesar 78,57% (4) peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi
NKRI dan gotong royong di SDN 06 Pontianak Timur pada pra siklus ketuntasan
klasikal sebesar 21,43% pada siklus I meningkat menjadi 39,28%, pada siklus II
meningkat menjadi 78,57%. Sehingga berhasil membuktikan hipotesis bahwa
penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 06 Pontianak Timur.