PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SDN 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Iwalfatj, Farizta Harly
dc.date.accessioned 2025-07-22T07:15:23Z
dc.date.available 2025-07-22T07:15:23Z
dc.date.issued 2025-07-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6930
dc.description.abstract FARIZTA HARLY IWALFATJ, Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 06 Pontianak Timur Tahun Pelajar 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Pembelajaran yang efektif menuntut guru untuk menggunakan metode yang dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman peserta didik. Berdasarkan pengamatan di kelas IV SDN 06 Pontianak Timur, diketahui bahwa penggunaan metode ceramah membuat siswa kurang aktif dan berdampak pada rendahnya hasil belajar PKn Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan metode diskusi di kelas IV SDN 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025, (2) langkah-langkah penggunaan metode dsikusi di kelas IV SDN 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025, (3) hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode diskusi di Kelas IV SDN 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025 (4) mengetahui terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode diskusi di Kelas IV SDN 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, soal tes, dan dokumentasi. Penelitian ini di lakukan di Sekolah Dasar Negeri 06 Pontianak Timur yang berjumlah 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar PKn sebelum menggunakan metode diskusi adalah dengan rata-rata 51,78%, (2) untuk meningkatkan hasil belajar Pkn pada peserta didik dengan metode diskusi dilakukan dengan 2 siklus, pembelajaran pada siklus-siklus tersebut dapat digambarkan sebagai berikut, (a) menentukan jenis diskusi yang sesuai, menetapkan masalah yang akan dibahas, serta menyiapkan hal-hal teknis pelaksanaan, (b) pelaksanaan diskusi harus dipersiapkan dengan baik, dilakukan sesuai aturan, melibatkan semua peserta secara adil, dan dijaga agar tetap fokus pada topik, (c) diskusi diakhiri dengan merangkum hasil dan meminta masukkan peserta untuk evaluasi. (3) hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode diskusi sebesar 78,57% (4) peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi NKRI dan gotong royong di SDN 06 Pontianak Timur pada pra siklus ketuntasan klasikal sebesar 21,43% pada siklus I meningkat menjadi 39,28%, pada siklus II meningkat menjadi 78,57%. Sehingga berhasil membuktikan hipotesis bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 06 Pontianak Timur. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Diskusi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SDN 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account