Abstract:
IIN SURIANI. Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Wujud Zat dan
Perubahannya Kelas IV di SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai 1) Hasil belajar
peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran. 2) Pelaksanaan langkah
langkah penggunaan model pembelajaran. 3) Hasil belajar peserta didik sesudah
menggunakaan model pembelajaran. 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada
materi wujud zat dan perubahannya kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan
model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS
materi wujud zat dan perubahannya di kelas IV SDN 03 Pontianak Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan
yang mengkombinasikan antara kualitatif dan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat
di SDN 03 Pontianak Timur dengan sumber data adalah kelas IV B. Teknik
pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data
berupa lembar soal, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data kuantitatif (mean dan persentase) dan analisis data
kualitatif (persentase).
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan
bahwa: 1) Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas IV B sebelum
menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament di SDN 03 Pontianak
Timur sebesar 36,66%. 2) Penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament
pada materi wujud zat dan perubahannya kelas IV B telah dilakukan sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. Adapun penjelasannya sebagai berikut. Pada siklus I
keterlaksanaan proses pembelajaran sesuai pembelajaran sebesar 68,33% dan siklus II
keterlaksanaan proses pembelajaran sebesar 93,33%. 3) Persentase ketuntasan hasil
belajar peserta didik kelas IV B sesudah menggunakan model pembelajaran Team
Games Tournament di SDN 03 Pontianak Timur pada siklus I sebesar 53,33%
sedangkan pada siklus II sebesar 100%. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya kelas IV B
sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament di
SDN 03 Pontianak Timur yaitu pada prasiklus ketuntasan klasikal peserta didik sebesar
33,33% pada siklus I meningkat menjadi 53,33% sedangkan siklus II meningkat
menjadi 100%.