Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV di SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/202

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Suriani, Iin
dc.date.accessioned 2025-07-17T07:25:41Z
dc.date.available 2025-07-17T07:25:41Z
dc.date.issued 2024-06-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6868
dc.description.abstract IIN SURIANI. Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV di SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran. 2) Pelaksanaan langkah langkah penggunaan model pembelajaran. 3) Hasil belajar peserta didik sesudah menggunakaan model pembelajaran. 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi wujud zat dan perubahannya kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya di kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan yang mengkombinasikan antara kualitatif dan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 03 Pontianak Timur dengan sumber data adalah kelas IV B. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif (mean dan persentase) dan analisis data kualitatif (persentase). Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas IV B sebelum menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament di SDN 03 Pontianak Timur sebesar 36,66%. 2) Penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament pada materi wujud zat dan perubahannya kelas IV B telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. Adapun penjelasannya sebagai berikut. Pada siklus I keterlaksanaan proses pembelajaran sesuai pembelajaran sebesar 68,33% dan siklus II keterlaksanaan proses pembelajaran sebesar 93,33%. 3) Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas IV B sesudah menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament di SDN 03 Pontianak Timur pada siklus I sebesar 53,33% sedangkan pada siklus II sebesar 100%. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya kelas IV B sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament di SDN 03 Pontianak Timur yaitu pada prasiklus ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 33,33% pada siklus I meningkat menjadi 53,33% sedangkan siklus II meningkat menjadi 100%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Team Games Tournament en_US
dc.subject TGT en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV di SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/202 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account