Abstract:
UCI YULIA, 2024. Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam
Menghafal Lagu-lagu Nasional Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air
Tema 4 Kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan. Skripsi: Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,
2023/2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Peserta Didik
Dalam Menghafal Lagu-lagu Nasional Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta
Tanah Air Pelajaran Ppkn Tema 4 Kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data penelitian ini adalah guru wali kelas III A dan peserta didik
kelas III A dengan jumlah sebanyak dua puluh lima orang peserta didik.
Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu, Observasi,
Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan
Kesimpulan/ Verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang
digunakan adalah Triangulasi Data dan Member Check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan peserta didik
dalam menghafal lagu-lagu nasional untuk menumbuhkan rasa cinta tanah
air pada pembelajaran PPKn masih kurang karena peserta didik belum
terbiasa menyanyikan lagu-lagu nasional. Selain tidak hafal lirik lagu
peserta didik juga tidak hafal nama pencipta lagu tersebut, bahkan ada
sebagian peserta didik yang hanya hafal sebagian bait lagu. 2) Metode yang
digunakan guru dalam membantu peserta didik menghafal lagu-lagu
nasional yaitu metode bernyanyi dengan bantuan media audio visual. 3)
Faktor pendukung peserta didik menghafal lagu-lagu nasional yaitu faktor
internal yang meliputi perasaan, emosi, dan minat, dan faktor eksternal
meliputi peran guru dan lingkungan belajar. 4) Faktor penghambat peserta
didik dalam menghafal lagu-lagu nasional yaitu, kurangnya pembiasaan
menyanyikan lagu-lagu nasional, peserta didik masih malu-malu ketika
diperintahkan untuk bernyanyi, dan kurangnya pengetahuan peserta didik
tentang lagu-lagu nasional.