Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menghafal Lagu-lagu Nasional Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Tema 4 Kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Budi, Firman Shantya
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Yulia, Uci
dc.date.accessioned 2025-07-17T02:55:38Z
dc.date.available 2025-07-17T02:55:38Z
dc.date.issued 2024-05-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6857
dc.description.abstract UCI YULIA, 2024. Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menghafal Lagu-lagu Nasional Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Tema 4 Kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Peserta Didik Dalam Menghafal Lagu-lagu Nasional Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Pelajaran Ppkn Tema 4 Kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru wali kelas III A dan peserta didik kelas III A dengan jumlah sebanyak dua puluh lima orang peserta didik. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan/ Verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi Data dan Member Check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan peserta didik dalam menghafal lagu-lagu nasional untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada pembelajaran PPKn masih kurang karena peserta didik belum terbiasa menyanyikan lagu-lagu nasional. Selain tidak hafal lirik lagu peserta didik juga tidak hafal nama pencipta lagu tersebut, bahkan ada sebagian peserta didik yang hanya hafal sebagian bait lagu. 2) Metode yang digunakan guru dalam membantu peserta didik menghafal lagu-lagu nasional yaitu metode bernyanyi dengan bantuan media audio visual. 3) Faktor pendukung peserta didik menghafal lagu-lagu nasional yaitu faktor internal yang meliputi perasaan, emosi, dan minat, dan faktor eksternal meliputi peran guru dan lingkungan belajar. 4) Faktor penghambat peserta didik dalam menghafal lagu-lagu nasional yaitu, kurangnya pembiasaan menyanyikan lagu-lagu nasional, peserta didik masih malu-malu ketika diperintahkan untuk bernyanyi, dan kurangnya pengetahuan peserta didik tentang lagu-lagu nasional. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Lagu-Lagu Nasional en_US
dc.subject Cinta Tanah Air en_US
dc.title Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menghafal Lagu-lagu Nasional Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Tema 4 Kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account